Minggu, 17 September 2017

contoh aktivitas fisik katagori sedang ( bersepeda )



BERSEPEDA


Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga aerobik, selain senam, joging, dan berenang. Bersepeda bisa dilakukan sebagai aktivitas fisik, sebagai latihan fisik alias exercise, atau juga sebagai sport atau olahraga. Aktivitas fisik meliputi kegiatan sehari-hari yang melibatkan gerakan tubuh. Termasuk semua kegiatan kita sehari-hari, seperti menulis atau menyapu lantai, dan bersepeda santai ke warung.
Tapi, tentu saja aktivitas fisik tidak optimal dalam memberikan manfaat kesehatan. Lain lagi dengan latihan fisik. Kegiatan yang termasuk latihan fisik ini adalah kegiatan yang memenuhi target denyut jantung tertentu. Misalnya bersepeda dalam jarak tertentu atau kecepatan tertentu. Sedangkan bersepeda sebagai bentuk olahraga biasanya melibatkan kompetisi. Jenis ini tentunya khusus untuk atlet dengan persyaratan tersendiri.


           


Selain sebagai alat untuk rekreasi, bersepeda membuat tubuh bergerak aktif. Sebagaimana kita tahu, tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan kita. Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu secara rutin memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh.
Manfaat bersepeda bagi tubuh.
1.     Mempertahankan daya tahan tubuh
Mengingat bersepeda adalah olahraga, tubuh yang sehat, maka akan memuat daya tahan tubuh selalu terjaga.
2.     Menyehatkan Organ Jantung
Mengayun sepeda perlu tenaga, detak jatung akan berirama ketika anda mengayunny. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika anda bersepeda jauh, maka akan membuat jantung anda lebih sehat.
3.     Mengencangkan Otot
Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh anda mau tidak mau harus digerakan. Walaupun kaki untuk mengayun, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.
4.     Mengatur Pernafasan
Tentu akan terengah-engah ketika mengayun sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernafasan, akan lebih dapat teratur dalam pernafasan
5.     Memperkuat Kerangka Tubuh
Jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berfikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk, sebaliknya, kerangka tubuh akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.
Bersepeda Untuk Kesehatan
Ø  Tidak mudah terserang penyakit
Dengan bersepeda, maka tubuh akan sehat. Terjaga daya tahan tubuh, maka penyakit akan susah tubuh ditubuh.
Ø  Mengurangi Tingkat Stress
Ø  Menghalau keluhan sakit pada punggung
Masih muda, maka sehatkan tubuh dengan cara yang bener yaitu, bersepeda. Dijamin jika sering mengeluhkan sakit pada punggung, asalkan ruting bersepeda, maka keluhan itu tidak akan dirasakan kembali.
Ø  Membuat pikiran lebih tenang
Dengan bersepeda, pikiran ada akan dapat tenang, sebeb dengan mengayun sepeda, ada irama keteraturan yang dilakukan kegiatan fisik tersebut dapat berpengaruh dalam fikiran.
Dampak Positif Bersepeda
Ada banyak alasan menarik untuk bersepeda, di bawah ini dipaparkan beberapa manfaat bersepeda, yaitu sebagai berikut:
1)        Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.
2)        Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.
3)        Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
4)        Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
5)        Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
6)        Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.
7)        Penggunaan sepeda bebas dari emisi karbon.
8)        Anda akan menjadi pemimpin dalam komunitas Anda, dengan mengajak teman2 untuk bergowes ria.
9)        Sepeda meningkatkan mobilitas bagi mereka yang tidak memiliki akses ke transportasi umum.
10)    Sepeda meningkatkan mobilitas bagi mereka yang tidak memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor.
Dampak Negatif Bersepeda
1)      Sepeda tidak dianjurkan bagi orang yeng memiliki masalah dengan sendi dan juga nyeri rematik.
2)      Bersepeda diketahui bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki, berdasarkan penelitian diketahui bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.
3)      Gerakan berulang yang dilakukan saat bersepeda bisa menyebabkan masalah pada lutut, hal ini terjadi jika ada peningkatan dalam intensitas, jarak yang terlalu cepat penggunaan sadel yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
4)       Jika suka menggunakan sepeda gunung maka cenderung berisiko mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan sepeda gunung umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi dan jalur yang ekstrim.
5)      Ada kemungkinan mengalami kesemutan penis akibat adanya iritasi pada batang penis karena menggunakan sadel yang terlalu lama dan disertai dengan suhu panas di sekitar penis saat mengayuh sepeda, seperti diungkapkan Dr Andri Wanananda MS dalam konsultasi detik Health.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemanasan dinamis, statis dan pemanasan khusus dalam permainan bola voli

Pemanasan dinamis, statis dan pemanasan khusus dalam permainan bola voli pemanasan olahraga merupakan hal yang sangat penti...