Sabtu, 16 September 2017

Berjalan kaki dan manfaatnya



Berjalan kaki dan manfaatnya

Berjalan kaki adalah aktivitas fisik ringan yang bisa dilalukan oleh siapa saja,berjalan kaki juga tidak perlu memakai peralatan atau pakaian olahraga yang harganya mahal cukup hanya menggunakan sepatu olahraga ringan dan celana trening panjang dan bahkan tanpa harus menggunkan alas kaki pun bisa, gratis tentunya.
            Jalan kaki adalah salah satu aktivitas yang sangat sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang dan juga golongan umur. Aktivitas ini merupakan aktivitas rutin dari semua orang dan jika ditinjau jalan kaki juga merupakan jenis olahraga rekreasi untuk kesehatan yang dapat meningkatkan kebugaran karena bersifat olahraga aerobik. Meskipun olahraga jalan kaki merupakan jenis olahraga sederhana, tetapi memiliki banyak kelebihan, selain olahraga yang murah, mudah, aman, juga memiliki segudang manfaat yang dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif yang salah satu diantaranya merupakan penyakit mematikan no 1 di dunia. Jalan kaki merupakan aktivitas yang sangat praktis, dan multifungsi tetapi tidak semua orang di dunia ini yang memilih melakukan aktivitas berjalan kaki meskipun jarak yang ditempuh cukup dekat, mereka lebih memilih untuk menggunakan transportasi ataupun menumpang, hal ini juga disebabkan kurangnya pengetahuan dari masyarakat tentang manfaat berjalan kaki.
Manfaat berjalan kaki oleh sebagian orang sering disepelekan sehingga tidak sedikit orang dimasa modern ini yang meninggalkannya. Berbagai faktor juga membuat orang semakin meninggalkan kebiasaan jalan kaki yaitu banyaknya kendaraan ibu kota yang penggunaannya semakin banyak. Seperti yang kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor yang membludak di ibukota merupakan salah satu penyebab jarangnya kita melihat orang berjalan kaki saat menuju sekolah atau pun ke kantor.
                                
Ada banyak manfaat yang tersimpan dari berjalan kaki ini, seperti berikut :
1. Mencegah Osteoporosis
Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.
2. Kesehatan Jantung
Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah.
3. Menjaga kebugaran
Berjalan kaki setiap hari saat berangkat ke kantor akan menjaga kebugaran tubuh selama beraktivitas. Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan.
4. Meningkatkan Sistem Pernafasan
Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat tentunya. Dengan berjalan kaki setiap hari anda dapat membantu nafas anda lebih panjang.

5. Menjaga Kestabilan tekanan darah
Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki, dengan metabolisme tubuh yang lancar maka anda dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya anda mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.
6. Mencegah dimensia
Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.
7. Tidur lebih nyenyak
Jika anda melakukan jalan kaki 30 menit di setiap pagi hari, ini akan membantu dalam kenyenyakan tidur anda di malam hari. Sama seperti olahraga pada umumnya, jalan kaki akan sangat membantu metabolisme dan memberikan efek nyaman pada saat tidur nantinya.
8. Meningkatkan Sistem Imun
Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan effort yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.
Alasan memilih olahraga jalan kaki :
  1. Olah raga jalan kaki Beresiko sangat kecil
  2. Olah raga jalan kaki Sederhana
  3. Peralatan yang di gunakan tidak rumit.
  4. Menyenangkan
  5. Dapat dilakukan Dimanapun
  6. Berjalan kaki merupkan alasan yang tepat digunakan untuk mengunjungi teman atau berenang-senang dengan keluarga.
  7. Berjalan kaki juga cara tepat olahraga untuk menyendiri dan mengambil nafas panjang, menghilangkan stress, dan menghilangkan bebn pikiran pribadi.
  8. Efisien
Dengan berjalan kaki kita dapat memperoleh hasil dalam waktu yang singkat dan mudah.
  1. Dapat dilakukan siapa saja
  2. Jalan kaki dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas lan secara bersamaan.

1 komentar:

Pemanasan dinamis, statis dan pemanasan khusus dalam permainan bola voli

Pemanasan dinamis, statis dan pemanasan khusus dalam permainan bola voli pemanasan olahraga merupakan hal yang sangat penti...