Rabu, 18 Oktober 2017

manfaat dari latihan plank



Manfaat Hebat Dari Latihan Plank
Ada berbagai macam latihan yang dapat Anda lakukan saat di Pusat Kebugaran ataupun saat di rumah. Salah satu bentuk latihan yang dapat Anda lakukan adalah "latihan plank".
Latihan plank adalah latihan dengan cara membentuk posisi seperti papan. Latihan plank adalah latihan yang hemat dan bebas biaya, karena Anda tidak membutuhkan peralatan apapun dan bisa melakukannya dimana saja.
Bagaimana cara melakukan latihan plank yang benar:
Anda dapat menggunakan matras. Mulailah latihan plank dengan menaruh lengan bagian bawah dan siku di matras untuk menahan berat tubuh.
  • Angkat pinggul Anda dengan menggunakan kedua lengan dan ujung tumit sebagai tumpuan, seperti ketika Anda melakukan push up
  • Jaga batang tubuh Anda tetap lurus seperti papan, bentuk garis lurus dari telinga ke jari kaki tanpa menekuk.
  • Usahakan kepala Anda tetap dalam posisi rileks dan melihat kelantai
  • Saat pinggul terangkat, kontraksikan otot perut Anda
  • Tahan posisi ini 30-60 detik
  • Istirahat, kemudian ulangi gerakan ini 6-8 repetisi
Berikut adalah hal yang akan terjadi apabila Anda aktif melakukan latihan plank:
Menurunkan risiko cedera di punggung dan tulang belakang
Melakukan latihan plank adalah jenis latihan yang memungkinkan Anda untuk membangun otot namun tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada tulang belakang atau pinggul.
Menurut American Council on Exercise, melakukan latihan plank secara teratur tidak hanya secara signifikan mengurangi sakit punggung tetapi juga memperkuat otot-otot punggung Anda, terutama di daerah sekitar punggung bagian atas.
Anda akan mengalami peningkatan metabolisme tubuh secara menyeluruh
Latihan plank adalah cara terbaik "menantang" seluruh bagian tubuh Anda, dengan melakukannya setiap hari akan membakar kalori dibanding latihan perut tradisional lainnya, seperti sit-up, otot-otot perut Anda akan semakin kuat. Latihan ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kebiasaan menghabiskan waktu kerja di depan komputer. Pastikan melakukan latihan plank minimal sekitar 10 menit untuk membantu mendorong proses metabolisme tubuh Anda.
Memperbaiki postur tubuh
Melakukan latihan plank sangat membantu dalam memperbaiki postur tubuh Anda, sehingga membuat Anda memiliki postur yang tegak dan stabil. Melalui penguatan bagian inti tubuh Anda, yang memberikan efek pada leher, bahu, dada dan punggung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemanasan dinamis, statis dan pemanasan khusus dalam permainan bola voli

Pemanasan dinamis, statis dan pemanasan khusus dalam permainan bola voli pemanasan olahraga merupakan hal yang sangat penti...